Gejala dan Pengobatan Miom

gejala dan pengobatan miom

Gejala dan Pengobatan Miom

  • gejala dan pengobatan miomGejala dan Pengobatan MiomMiom adalah sel tumor yang tumbuh didalam rahim yang tidak bersifat kanker. Miom dikenal juga dengan nama mioma, uteri fibroid, atau leiomioma. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak.

 

Sebagian besar wanita pernah memiliki Miom. Namun kondisi ini tidak sadari oleh mereka karena tidak muncul gejala. Jika ada, gejala yang mungkin muncul akibat miom adalah:

  • Masa menstruasi menyakitkan atau berlebih.
  • Rasa sakit atau nyeri pada bagian perut atau punggung bawah.
  • Rasa tidak nyaman, bahkan sakit, saat berhubungan seksual.
  • Sering buang air kecil.
  • Mengalami konstipasi.
  • Keguguran dan sulit hamil

Ada beberapa ukuran Miom, ada yang sekecil biji dan ada juga yang berukuran besar hingga mengakibatkan rahim membesar. Dalam satu masa, miom yang muncul mungkin hanya satu, namun bisa juga muncul beberapa secara sekaligus.

 

Gejala dan Pengobatan Miom

Penyebab Munculnya Miom

Gejala dan Pengobatan Miom

Hingga kini, penyebab kemunculan miom masih belum diketahui. Kemunculan kondisi ini dikaitkan dengan hormon estrogen (hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium). Miom muncul saat kadar estrogen dalam diri wanita sedang tinggi-tinggnya, sekitar usia 16-40th. Setelah mengalami menopause, miom akan menyusut karena penurunan kadar estrogen. Satu dari tiga wanita memiliki miom pada usia yang sama, yaitu di antara usia 30-50 tahun.

Miom lebih sering muncul pada wanita dengan berat badan berlebih atau yang mengalami obesitas. Dampak dari pertambahan berat badan adalah  hormon estrogen di dalam tubuh juga akan meningkat. Selain itu, faktor keturunan juga berperan dalam kasus miom. Wanita dengan ibu dan saudara perempuan yang pernah mendapatkan miom akan cenderung memiliki miom.

 

Risiko seorang wanita mengalami miom akan menurun setelah melahirkan anak. Semakin banyak anak, semakin kecil resiko terkena miom.

 

Diagnosis Miom

Miom sering kali diketahui secara tidak disengaja ketika Anda melakukan pemeriksaan ginekologi, melakukan tes, atau pencitraan tertentu. Hal ini terjadi karena miom seringkali tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Jika Anda mengalami beberapa gejala miom dan berlangsung cukup lama, segera cari tahu penyebabnya. Biasanya dokter meminta pasien untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk memastikan diagnosisnya atau mencari tahu penyebab kemunculan gejala yang Anda alami.

 

Gejala dan Pengobatan Miom

Pengobatan Miom

Miom yang tidak memunculkan gejala tertentu, biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Biasanya setelah masa menopause, miom jenis ini akan menyusut atau bahkan menghilang tanpa menjalani pengobatan.

Pengobatan akan dilakukan pada miom yang menimbulkan gejala. Pengobatan ini berfungsi meringankan gejala yang muncul. Apabila setelah diterapi dengan obat tidak kunjung ada perubahan, maka operasi menjadi jalan berikutnya.

Memilih obat untuk terapi miom memang agak riskan, sebab bila salah memilih obat, bukan sembuh yang datang malah masalah baru yang hadir.

Sering kali banyak pasien yang mengeluh sakit jantung, dan selesai berobat jantung yang timbul kemudian adalah sakit ginjal.  Hal ini timbul lantaran obat yang rutin dikonsumsi adalah obat kimia, yang sangat sulit tubuh untuk mengurainya bila sudah melebihi ambang batas.

Oleh karena itu, kami sangat mengajurkan agar Anda hanya mengkonsumsi obat herbal, obat yang terbuat dari bahan yang berasal dari alam, insya Allah berkhasiat tanpa efek samping.

Untuk informasi obat herbal untuk berbagai penyakit silahkan hubungi 081511194344, 085691308899 dan 081585865506

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *