Posted on

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya – Sepuluh Faktor Penyebab Kolestrol menjadi Tinggi 

Yang menyebabkanKolestrol Naik  bisa disebabkan oleh banyak hal.  Saat ini  yang akan kami bahas  sepuluh hal yang menyebabkan kolestrol yang mungkin tidak anda sadari dan tidak anda duga sama sekali.  Sebelum melangkah lebih jauh kesitu kami  akan memberi tahu  tentang apa maksud dari  kolesterol dan  seperti apa kolesterol di produksi didalam tubuh.  Mungkin selama ini orang menganggap bahwa kolesterol   merupakan sesuatu yang buruk bagi tubuh. Sebenarnya hal itu tidak benar akan tetapi tidak salah juga.  Kolesterol  merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh akan tetapi jika kadarnya terlalu tinggi maka itu dapat membahayakan bagi tubuh.

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

Pengertian Kolesterol

Kolesterol adalah lemak lunak yang bisa diproduksi   oleh tubuh atau dihasilkan dari sumber makanan. Pada umumnya  tubuh kita  dapat menghasilkan  kolesterol sebanyak 800 mg setiap harinya. organ tubuh yang menghasilkan kolesterol adalah organ hati, akan tetapi untuk  kolesterol yang diproduksi yang bersumber dari makanan  didapatkan dari beberapa jenis makananan seperti seafodd,daging, kuning telur dan susu / olahan produk susu.  Saat dalam kadar normal  kolesterol dapat memiliki banyak manfaat  bagi tubuh kita,  misalnya :

 

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

 

Kolesterol sangat bermanfaat bagi perkembangan janin &  otak bayi

bermanfaat bagi perkembangan saraf

Pemungkus jaringan syaraf dan membran sel

Memproduksi hormon yang baik untuk kekebalan manusia

Masih ada lebih banyak lagi  fungsi yang baik dari kolestrol untuk tubuh, akan tetapi kadar kolesterol yang tidak terkontrol  menjadikan masalah untuk tubuh manusia dan malah menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh. Kolesterol  tinggi sebenarnya dapat diketahui melalui gejala yang timbul. Gejala Kolesterol umumnya adalah mudah merasa mengantuk, mudah pegal di bagian tengkuk dan pada pundak, kesemutan dan mudah lelah. Supaya lebih jelas silahkan membuka artikel yang telah kami buat mengenai gejala kolesterol karena disana saya berikan penjelasan gejala-gejala tersebut lebih rinci supaya anda bisa lebih mengetahui apa gejala yang timbul {saat|disaat] kadar kolesterol naik.

 

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang normal bagi tubuh yaitu 160-200 mg.Kalau anda mempunyai kadar kolesterol diatas normal maka anda tegolong orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Ada banyak hal yang menjadikan kolestrol naik  diantaranya yaitu factor keturunan dan pola hidup.  Berikut ini adalah penjelasan mengenai factor dan sebab kolesterol tinggi pada tubuh manusia.

 

  1. Pola Makan

Saya telah jelaskan bahwa sebagian dari kolesterol telah diproduksi didalam tubuh manusia terutama di bagian Hati.  kira-kira hamper 80 % asupan kolesterol telah dipenuhi oleh  tubuh manusia itu sendiri selain itu dihasilkan dari sumber lain seperti makanan.  Sayangnya tidak sedikit makanan mempunyai kadar kolesterol yang lumayan tinggi sehingga bisa melebihi 240 mg. Macam-macam makanan penyebab kolestrol tinggi  yaitu   susu,  kuning telur, mentega,  keju dan daging. Kelima makanan tersebut didalamnya banyak mengandung lemak jenuh yang bisa memicu tingginya kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu ada makanan ringan seperti snack, kripik dan cracker yang lumayan banyak mengandung lemak trans yang juga dapat memicu  tingginya kadar kolestrol dalam tubuh.

 

  1. Kelebihan berat badan

Obesitas bisa menjadi sumber  macam-macam penyakit, mungkin beberapa waktu lalu saya telah mengatakan bahwa obesitas merupakan penyebab diabetes. Lagi dan lagi obesitas  juga menjadi factor penyebab kolesterol tinggi yang sangat berbahaya. Orang yang memiliki berat badan berlebihan/obesitas banyak kemungkinan mempunyai kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi. kolestrol dapat di bedakan menjadi dua jenis  yaitu ‘kolesterol jahat’ atau LDL (Low-Density Lipoprotein) dan ‘kolesterol baik’ / HDL (High-Density Lipoprotein). Bagi orang-orang yang {obesitas|mempunyai berat badan berlebih| ini kadar HDLnya Kecil dibandingkan dengan LDL-nya yang lumayan tinggi.  Obesitas juga dapat memicu kadar trigliserida yang bisa menjadi penyebab meningkatkan kadar kolesterol.

 

 

 

  1. Jarang Melakukan Olahraga

Olahraga banyak memiliki manfaat bagi tubuh kita, akan tetapi kesibukan bisa menjadikan orang tidak memiliki kesempatan untuk berolahraga.  Orang yang jarang berolahraga ini lebih beresiko memiliki kadar kolesterol yang amat tinggi dari orang-orang  yang rajin  melakukan olahraga.   Namun sebenarnya ini mampu  diantisipasi   jika anda banyak melakukan aktifitas. jika anda banyak menghabiskan waktu kerja dengan duduk, sesekali lah  anda berjalan-jalan dan melakukan aktifitas gerak yang lain. Kerja dengan  terus dalam jarak waktu yang amat lama  juga dapat menjadikan penyebab tingginya kadar kolestrol banyak orang yang tidak mengetahuinya.

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

  1. Merokok

Jika anda adalah perokok, mulai sekarang ini mulailah untuk kurangi kebiasaan tersebut hingga suatu hari nanti anda > bisa meninggalkan roko. Rokok mengandung   akrolein atau jenis zat kimia berbahaya sekali yang dapat mengurangi kadar kolesterol baik / HDL. Kadar HDl menjadi berkurang ini tentu bisa menyebabkan tingginya tingkat LDL didalam tubuh yang amat berbahaya sekali  bagi setiap manusia. Zat tersebut dapat menimbulkan penumpukan lemak di dalam hati, sehingga menjadikan hati tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.

 

  1. Konsumsi Alcohol

Selain merokok, tingginya kadar kolesterol  bisa disebabkan oleh konsumsi alcohol. Orang yang mengkonsumsi alkoho secara rutin dengan kadar yang melebihi batas akan berpotensi mempunyai kolesterol tinggi dibandingkan dengan orang_orang-orang yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol.

 

  1. Rentan Umur & Gender

Naiknya kadar kolesterol dapat terjadi pada saat usia mencapai lebih dari 20 tahun. Pada usia ini kadar kolesterol cenderung meningkat dan jika tidak dikontrol dengan baik akan menjadi bahaya yang merugikan bagi tubuh. Biasanya jika pria sudah menginjak usia diatas 50 tahun kadar kolesterolnya semakin tinggi dan untuk wanita kadar kolesterol tersebut bisa turun pada saat menopause tapi akan meningkat lagi setelahnya.

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

  1. Konsumsi Obat-obatan

Orang yang mengkonsumsi obat-obatan yang beralam dari zat kimia justru memiliki resiko tingginya kadar kolesterol. Obat-obatan seperti estrogen, beta-blocker dan thiazide merupakan penyebab kolesterol tinggi karena mengurangi kadar HDL yang berada didalam tubuh.

 

  1. Penyakit Lain

Ada beberapa penyakit yang cenderung memicu tingginya kadar kolesterol. Contohnya orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan hipertensi akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sedangkan penyakit lain adalah penyakit hati liver dan gangguan ginjal kronis.

gejala penyakit kolesterol dan pencegahannya

  1. Keturunan / Faktor Genetika

Apabila anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi anda perlu berhati-hati. Hal ini karena orang yang berada di garis keturunan yang memiliki riwayat kolesterol tinggi memiliki kecenderungan mewarisi hal tersebut dibandingkan dengan orang yang bukan dari keturunan yang memiliki riwayat kolesterol.

 

  1. Stress

Orang yang memiliki tingkat stess yang tinggi justru meningkatkan kadar LDL yang cukup tinggi. Hal ini akan diperparah jika orang tersebut memilih jalan pintas untuk mengakhiri stressnya dengan mengkonsumsi rokok, alkohol dan makanan yang mengandung zat penyebab kolesterol tinggi.

 

Demikian beberapa hal yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika anda merasa hal-hal diatas merupakan kebiasaan anda, sebaiknya anda mengubahnya dan berusaha untuk menjalankan pola hidup yang sehat untuk mencegah kolesterol tinggi. Semoga beberapa penyebab kolesterol tinggi ini bisa membuka mata anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh untuk kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *