Posted on

Perbedaan Asam Urat dan Rematik

perbedaan asam urat dan rematik

Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Perbedaan asam urat dan rematik. Kemiripan gejala dan sakit antara kedua penyakit ini sering membuat banyak orang mengira bila keduanya adalah penyakit yang sama, padahal rematik dan asam urat merupakan penyakit yang berbeda. Kebanyakan orang yang menganggap kedua penyakit ini sama dan dikarenakan anggapan kesamaan itu bakalan membuat pengobatannya menjadi sama. Asam urat dan rematik adalah masalah kesehatan yang berbeda. Asam urat adalah sejenis penyakit rematik, tapi penyakit rematik belum tentu penyakit asam urat. Dalam artian orang yang mengidap asam urat berarti kemungkinan besar mengidap penyakit rematik. Tapi bila orang tersebut menderita penyakit rematik belum tentu orang tersebut juga terkena asam urat?

Perbedaan Asam Urat dan Rematik Di Lihat Dari Penyebab

Perbedaan asam urat dan rematik yang pertama merupakan sebab dari kedua penyakit tersebut. Penyebab asam urat terjadi karena adanya peningkatan jumlah asam urat di dalam darah & mengakibatkan jumlah asam urat tersebut melewati kandungan normalnya. Sedangkan rematik terjadi karena beberapa sebab yaitu pengapuran pada sendi, infeksi & juga auto imun dan lain-lain. Rematik juga bisa terjadi sebab adanya penumpukan asam urat. hingga orang yang menderita asam urat juga dapat terserang rematik. Karena penyebab dari kedua penyakit tersebut sama. tapi orang yang rematik belum tentu menderita asam urat, karena rematik itu sendiri terjadi disebabkan oleh beberapa sebab bukan hanya penumpukan kadar asam urat di dalam tubuh.

Perbedaan Asam Urat dan Rematik Di Lihat Dari Organ Yang Diserang

Perbedaan antara asam urat dan rematik yang berikutnya dilihat dari bagian atau organ yang diserang . Rematik memiliki beberapa penyebab hingga organ yang terkena juga akan beragam. Rematik dapat menyerang tubuh bagian sendi, bahu, leher atau pinggang. Jika daerah-daerah tersebut sudah terkena rematik, orang tersebut harus siap-siap merasakan sakit yang hebat di daerah tubuh yang terkena rematik. Sedangkan penderita yang terkena asam urat hanya mengalami rasa sakit hebat di bagian sendi yang terkena asam urat. Biasanya sendi-sendi yang mengalami asam urat terdapat di bagian kaki. Bagian kaki yang terkena asam urat juga bisa terkena rematik.

Kesamaan Antara Penyakit Asam Urat dan Rematik

Bila ada orang yang berpendapat asam urat & rematik memiliki kesamaan itu adalah benar, karena kedua penyakit ini mempunyai persamaan yakni dari segi penyembuhan & juga proses mencegahnya. Biasanya penderita asam urat & rematik dapat terserang penyakit ini karena pola hidup mereka yang kurang sehat. Oleh sebab itu bagi anda yang diserang penyakit ini, buatlah pola hidup yang sehat seperti makan yang teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat & menghindari yang menjadi pantangannya. Selain itu anda juga harus teratur dalam berolahraga & istirahat. Kedua hal ini harus dilakukan secara rutin karena tubuh akan bermetabolisme saat berolahraga dan juga saat beristirahat.

Olahraga sangat bagus bagi penderita asam urat & rematik karena melalui olah raga yang rutin maka kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berkurang. Jangan pernah anda mengonsumsi rokok & minuman beralkohol. Karena kedua macam ini bisa membuat penyakit asam urat & rematik mudah menghampiri anda. Selain itu hindari juga mengonsumsi obat-obatan, karena bahan kimia yang ada di dalam obat-obatan akan menumpuk di dalam tubuh anda seperti asam urat. Oleh karena itu jika anda merasa sakit gunakan atau konsumsi obat-obatan herbal dan alami. Ini akan mengurangi penumpukan-penumpukan bahan kimia di dalam tubuh anda.

Melalui artikel uraian sehat ini diharapkan masyarakat bisa membedakan kedua penyakit ini hingga anda akan mengonsumsi obat yang tepat sesuai dengan penyakitnya. Semoga bermanfaat & dapat membantu mengenali perbedaan asam urat & rematik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *